Oleh: virlginia | 8 Maret 2010

Tips Menghemat Pengeluaran

MENGHEMAT UANG??? sesuatu yang sangat sulit dilakukan oleh manusia apalagi para cewek .Sama seperti saya,saya sangat sulit menghemat uang apalagi kalau baru habis gajian Wah…bisa – bisa gaji habis untuk membeli sesuatu yang ngak perlu.Tapi sekarang saya sudah bisa menghemat pengeluaran saya, Maka dari itu saya mau membagi tips ini untuk kalian semoga bisa bermanfaat bagi kalian….^_~

1. Menyisihkan uang untuk keperluan bulanan seperti :

peralatan mandi (shampo, sabun, odol),
bahan-bahan dapur (garam, gula)
dan biaya bulanan (ongkos, makan)

2. Menyisihkan sebagian uang untuk menabung

3. Menyisihkan sebagian uang untuk keperluan mendadak

4. Menyisihkan uang untuk angsuran/pembayaran rekening listrik, telepon, pulsa dll

5. Menyisihkan uang untuk keperluan makan sehari – hari

6. Menyisihkan uang untuk hiburan, ini penting juga karena manusia butuh hiburan, seperti belanja, jajan, makan, membeli pakaian, ataupun sekedar nonton. Yang pasti dana ini telah di sisihkan dari kebutuhan utama & menabung pastinya.

7. Jangan pergi ke mall ketika tidak ada kebutuhan utama/kepentingan yang ingin di beli/di penuhi. Karena ketika kita berjalan-jalan tanpa tujuan kita akan mudah sekali terpengaruh, sehingga membeli barang – barang yang sebenarnya tidak di butuhkan.

8. apabila anda tidak menabung di bank, usahakan investasikan uang anda seperti membeli emas atau berlian.. Wah pasti untung banget tuch….

9. Pandailah dalam memilih barang, karena bisa jadi barang yang ingin di beli memiliki harga yang lebih murah dari barang yang di tawarkan teman/mall, coba bandingkan harga barang tersebut di pasar tradisional atau toko – toko yang terkenal dengan harga yang murah namun tetap berkualitas. Karena terkadang barang-barang di pasar tradisional atau toko memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan mall dan dengan kualitas yang tidak kalah di bandingkan dengan mall.

Jangan tertipu bujuk rayu teman kerja yang ingin menawarkan barang karena bisa jadi harganya melambung dua kali lipat dari harga semula.solusinya anda dapat terlebih dahulu mencari tahu harga barang tersebut di pasaran,ketika harga yang di tawarkan teman kerja tidak begitu jauh dari harga di pasaran tidak ada salahnya anda membeli barang tersebut melalui teman karena selain membantu teman dalam berbisnis anda juga tidak perlu repot – repot pergi untuk membeli barang tersebut di pasar.

Demikian tips dari saya, hal-hal diatas merupakan pengalam pribadi yang saya alami dan saja jalani saat ini, semoga bermanfaat.

Terima Kasih ^_~

Sumber gambar : akupunmenulis


Responses

  1. wahhhhh tips nya boleh jg tuch mbak…..

    memang bener….. saya sendiri mengalami hal yang serupa, beli barang tanpa coba cek harga di tempat lain. Al hasil hiks rugi rasanya….
    kalo beli di pasar tradisional bisa dapat 2 + bisa beli makan lagi, tapi kalo beli sama temen cuma bisa gigit jari aja.. hehehhee

    boleh di coba nich tipsnya…

    oh iya mbak kalo mo ke pasar tradisional ajak2 ya.. denger2 mbak tau nich tempat yang bagus hehehehe…. :d

    • Waw…Jadi mbk udh pernah ketipu nih…??
      Wah bisa di jadikan pengalaman berharga ini…
      Beres mbk ntar kita jalan bareng deh sama bos pasar saya mbk..
      saya punya lho kenalan bos pasar yang bisa kita ajak jalan bareng mbk…sekalugus kita minta tolong nego harga mbk di pasar…:)


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: